January 26, 2016

Menuju Ica yg Gemilang

setelah direnung2, akhirnya gw punya beberapa goals buat taun ini. temanya adalah menuju Ica yg gemilang! hahahaha. maksudnya taun ini taunnya gw buat meningkatkan kualitas diri. ada beberapa hal yg menurut gw udah agak urgent gw lakuin demi gw yg lebih baik ;


I Have to Organize Myself.

gw adalah orang yg ‘tar-sok tar-sok’, dari urusan rumah sampe urusan kerjaan. klo urusan rumah mungkin emang gwnya aja yg dasarnya males. tapi kalo urusan kerjaan, gw tipe orang yg otaknya baru bisa jalan klo udah di deket2 deadline. dari dulu selalu nyoba buat bikin schedule dan dr dulu juga gagal maning.. gagal maning..

cuma buat taun ini, gw nyoba lagi buat bikin planner. udah gw siapin dari akhir Desember kemarin. isinya sih gak banyak, cuma today’s to do list, meal plan, cleaning plan dan financial plan. pas seminggu pertama gw jalanin, lama2 nagih! dan keterusan sampe sekarang.

skarang tiap pagi, setelah Uud ngantor gw langsung bikin checklist apa2 aja yg musti gw kerjain di hari itu. skrng klo ada janji2 apaaaa gt, yg biasanya gw cuma ngandelin ingatan.. skrng langsung gw catet di planner. kalo meal plan, berhubung gw klo belanja permingguan jd gw update-nya tiap seminggu sekali.

tadinya gw gak kepikiran buat bikin financial plan. sampe suatu saat di group wasap lg ngomongin masalah financial derita akhir bulan paska senang2 :)). salah satu temen gw, ngajarin kita buat nge-tracking-in semua pengeluaran kita dl sebelum bikin plan. pengalaman temen gw, dy shock pas liat financial tracker selama sebulan. pengeluaran terbesar dy adalah urusan perut dan beli ini-itu yg kalo di pikir2 lagi cuma gara2 laper mata doang.

berhubung gw udah ada pengeluaran rutin (macam listrik, hp, dll) jd gw pake system amplop. pas di kasih duit bulanan sm Uud langsung gw ambil cash sebagian trus gw masukin ke beberapa amplop. amplop bensin, service mobil, belanja mingguan, security, dll. jadi sisa yg ada di atm adalah yg buat seneng2 ato buat urgent. selain amplop, gw juga bikin expense tracker. semua pengeluaran gw di hari itu gw tulis smua.. semuanya bener2 smua, sampe ke parkir walau cuma 2ribu doang.

biar belum sebulan gw jalanin, tp gw ngerasa kebantu banget. yg gw rasain kebiasan ‘tar-sok tar-sok’ biar gak ngilang 100% tp seenggaknya berkurang. kan tau gini gw lakuin aja dr dulu yaaa?! tips2 biar gak mood2an ngisi planner, kasih banyak warna, gambar ini anu, stiker ini anu.. pokoknya bikin planner binder lo semenarik mungkin.. *foto menyusul*


Be Healthier.

pertama2 gw musti kurusin body dulu. sedari nikah, kalo di kalkulasiin timbangan gw naik sampe belasan kilo. dr yg cuma 55kg sampe waktu itu nyaris nyentuh angka 70. gilak! disitulah momen ter-shock-nya gw. yg sebelomnya nyantai2 aja.. makan tunggal telen.. akhirnya mikir juga. sekarang, berat gw udah 63-an kg.. yg di mana dengan tinggi gw yg cuma 1.5m idealnya berat gw 45-an kg. korupnya banyak bangeeetttsss (—_—!) still a long way to go sodara2.


udah beberapa diet yg gw lakuin. dari ngurangin porsi makan, gak makan malem sampe diet mayo. smuanya tetoooottt! akhirnya gw browsing2, intinya klo mau hidup sehat itu.. banyak minum air putih, pola makan yg baik dan olah raga. 2 item pertama skrng udah on process gw jalananin.. yg olah raganya ini loooooh.. lagi2 cuma mentok di niat doang.

kita itu paling mesti minum paling gak 2L air perhari. gw sampe beli botol minum yg 1L buat tau takarannya. pokoknya dr melek sampe terem lagi mesti ngabisin 2 botol. dan gw emang udah dr jamannya promil 2taunan yg lalu gak pernah lagi minum miniman kalengan / teh awetan. efeknya di gw… hhmmm… apaan yak? hahaha. gak ngeh juga efeknya apa. cuma klo kata dokter, minum air putih itu semacam detox buat badan kita..

pola makan yg bener itu adalah gak ngegabungin protein sama karbohidrat. karbohidrat gabunginnya sama sayur. naaaah… yg begini yg gw gak mampu! akhirnya gw beli beras khusus diet & diabetes yg kandungan gulannya 0%. klo udah di masak teksturnya kayak beras pera'. awal2 makan nasi tapi kayak makan angin. tp lama2 perut gw terbiasa. pinginnya taun ini gw bisa disiplin-in napsu makan gw yg agak2 murahan tiap di sodorin makanan.. hihihi


Study Other Languages.

ini karna didasari atas rasa kangen gw sama suasana belajar. naah cuma gw gak mau belajar yg berat2 :)) thats why gw berniat belajar bahasa baru lg. sebenernya juga gw gak jago nge-Inggris.. cm kalo cuma buat bercakap2, gw paham tu bule ngomong apa.. gw sama nyokapbokap dr kelas 3SD udah di les-in di ILP sampe gw kuliah awal. cuma stop dan gak pernah dibiasain ngomong lagi sampe skrng. syukur2 skrng tetangga samping gw bule Amrik dan gw mulai ngebiasaain nonton film gak pake teks ato nonton film Jepang / Korea pake teks Inggris.

pilihan gw itu antara bahasa Jepang ato bahasa Korea. skrng gw masih survey2 tempat les-nya di Bali. kenapa 2 negara di atas? krn gw sebel sama Starworld n Fox yg muterin acara tv di ulang2 terus. akhirnya skrng tontonan gw antara Waku2 Japan ato Channel M ato KBS. dan gara2 itu gw kepingin banget ke Jepang dan Korea Selatan. dan juga biar gw paham klo nonton Jdrama/Kdrama yang gak ada teksnya.. hahahahaa


Try to Falling in Love with Books.

naaah, ini yg susah! gw sedari dulu gak pernah bisa bacaa buku yg isinya tulisan smua. yg ada otak gw keburu keder duluan mikirin jumlah halaman yg musti di baca. gw lebih nyambung sama buku bergambar ato berdiagram. Uud setelah tau gw gak suka baca buku, udah nyoba berbagai cara biar gw bisa bertahan tuntasin baca 1 buku. tp smuanya gagal..

sampe akhirnya Uud bilang, "pokoknya, sedari kamu hamil nanti.. sampe tu anak lahir.. trus tu anak gede, anak kita mesti biasa baca buku. kalo emaknya suka baca buku... ntar nular ke anaknya.."

stelah ngobrol2, beberapa temen gw suruh gw baca bukunya Ika Natassa karna bahasanya simple, dan gak pake mikir.. kenyataannya, sampe skrng belom sampe stengah buku gw baca, udah mejeng lagi dia-nya di rak buku. taun ini, gak usah deh sampe gw secinta itu sama membaca.. tp paling gak novelnya Ika Natassa yg udah terlanjur dibeli ini gw baca sampe abis.. bukan apa2, mumbazir soalnya :))


mudah2an goal2nya gw bukan sekedar niat dan tekad gw tetep berkobar2 sampe smuanya terwujud.
aamiien ^^

4 comments:

  1. karena gue (merasa) ingetan gue cukup OK, maka gue ngga pake planner. kemudian, karena sombong, skr jadi pikuuuunnnn T_T hahahahahaha butuh planner tapi males nulis, ih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaaa... gw kira klo pikun karna faktor umur fen :))

      gw jg males fen dulu2.. stelah di warna2in jd keasikan sendiri.. coba fen dibisnisin pake tulisan tangan lo yg spektakuler ituu.. hihi

      Delete
  2. asiiik mampir kesini, aku masukin di blog roll aku ya caaa, setelah meng-khatamkan blog ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaaa? ciyuuus Yu? lo ngehatamin blog gw sampe abis?
      uwoooow, juara!!

      okeeey Yu, makasi yaa :)

      Delete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.