November 26, 2017

wheretogo - East Nusa Tenggara | Nonton Pacuan Kuda di Sumba


Selama 32 tahun gw hidup, seumur-umur baru kali ini gw nonton pacuan kuda. Udah gitu nontonnya di Sumba pula, surganya kuda. Kebeneran, akhir bulan Oktober kemarin emang ada perlombaan tahunan pacuan kuda. Pesertanya dari seluruh Sumba dari ujung ke ujung. 

Kuda, di Sumba udah kayak hewan peliharaan. Kebanyakan rumah di Sumba pasti punya kuda, gak di kota, gak di desa.. pasti ada aja rumah yang punya istal 'ala-ala' di samping rumahnya. Dan kuda di Sumba beda dengan kuda di Sumbawa yang rata-rata kuda liar. Kalo di Sumba udah hak milik semua. Fungsinya dari alat transportasi, bantu-bantu di ladang sampai ada yang jadi kuda pacu.

Cuma di Sumba gw baru kali itu ngeliat kuda Sandalwood grade A. Sumpah keren banget. Gagah gitu deh. Tinggi kepalanya jauhhh lebih tinggi dari tinggi mobil avanza. Gw yang pas lagi nyetir sampe grogi sendiri liatnya.

Ngomong-ngomong soal kuda Sandalwood. Pada tau gak kalo Sandalwood Horse itu kuda pacunya asli Indonesia? Dan (dari yang gw baca-baca) cuma di kembangin di Pulau Sumba. Konon katanya Sandalwood Horse ini blesteran dari kuda Arab sama kuda lokal. Makannya jadinya keren begitu. Tapi tetep kuda Sumba ini postur badannya lebih kecil dari kuda ras lainnya.

Dan sekarang, perbaikan mutu dan penampilan Sandalwood Horse jadi salah satu program nasional. Di blesterin lagi sama kuda ras Australia, Thoroughbred. biar makin kece dan makin cepet larinya.

Perlombaan pacuan kuda yang kemarin diadain di Kota Waingapu. Tepatnya di Lapangan Pacuan Kuda Rihi Eti Prailiu. Berhubung gw gak pernah ke Pulomas, jadi gak tau perbandingannya kayak gimana. Tapi yang pasti, gak kayak lomba-lomba yang biasa kita liat di film-film. Yang ini versi sederhana.

Biar sederhana, tapi antusias masyarakat luar biasa. Kayaknya lomba pacuan kuda ini semacam acara yang di tunggu-tunggu deh. Ruaameeeee banget, padahal gw datengnya sehari sebelum final. Gak kebayang penuhnya pas final gimana. Gak cewek gak cowok.. dari yang anak kecil sampe yang udah tua, pada semangat nontonya. Dari yang dateng pakai baju adat (atau emang mereka dateng dari desa) sampe yang pake baju seragam. Seragam apaan? Yaa seragam PNS lah.. seragam apa lagi?! 


Kuda-kuda yang di foto, ini baru kuda grade-B. Jadwal yang grade-A agak sorean.. gak ketonton. 

Ada beberapa hal yang bikin gw ternganga-nganga pas nonton pacuan kuda kemarin itu.. salah satunya adalah, joki kudanyanya itu anak kecil sodara-sodara. Anak kecil! Anak-anak masih SD gitu. Sumpah gak boong. Gw aja kaget liatnya. Dan di Sumba, gak mengenal yang namanya pelana (tempat duduk di kuda). Jadi langsung duduk aja udah di pungung kuda. Auk dah tu sakit apa enggak?! 


Dan seperti perlombaan pacuan kuda di film-film, ada judinya juga. Gak paham sistem judinya gimana, pas tanya-tanya sama warga sekitar.. biasanya ada beberapa bandar. Duit yang dijudiinpun dari yang cuma goceng doang sampe yang berjuta-juta.

Sekian cerita pengalaman pertama gw nonton pacuan kuda..
Yuk dadah babai


**
all those photos and posts are mine. do not use them without permission.
kalo mau pake foto / artikel gw, permisi dulu sama yang punya yaa..

2 comments:

  1. wiw mbak ica keren dapet pengalaman hidup nonton pacuan kuda hihihihi orang biasanya nton di televisi aja sih hihi..

    ReplyDelete

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.