December 3, 2017

tips | Mau Tinggal Lama di Sumba?



Belaguuu, mau sok-sok-an kasih tips tinggal di Sumba. Padahal baru juga sebulan - 2 bulan tinggal di Sumba-nya. Ya kaan, sapa tau ada yang perlu. Hihihi. Informasi-informasi di bawah berdasarkan apa yang gw lihat dan gw obrolin sama beberapa narasumber (orang lokal dan long stay tourist).

Tapi, sebelumnya gw mau kasih tau dulu ke lo - lo semua. Bahwa, DI SUMBA ADA LISTRIK! Nyahahahaa.. maap kalo gw capslock tulisannya. Habisan.. beberapa bulan yang lalu tiap gw kasih tau kalo gw dan Uud bakalan pindah sementara ke Sumba, tanggepan temen-temen atau sodara yang denger adalah "Hah? Yakin lo? Emang listrik udah masuk Sumba?" atau "Di Sumba ada listrik gak sih?" yaaaaa, walaupun gak semua area ada listriknya juga..


TINGGAL DIMANA?

Di Sumba Timur (kota Waingapu) atau Sumba Barat (Kota Waikabubak)? Dua kota ini, biar sama-sama berlokasi di Pulau Sumba tapi beda. Yang Waingapu udah lebih 'kota' di banding Waikabubak. Karakteristik orang-orangnyapun berbeda (soal ini gw mau bikin postingan khusus). Gw sama Uud, kita tinggalnya di kota Waingapu. Tinggal di situ karena emang kantornya Uud untuk Pulau Sumba letaknya di Waingapu.

Segala rumah sakit, bank (yang ada bank BUMN aja, BCA gak ada), pasar, pom bensin, convenience store versi lokal, restaurant / warung makan ada kok di Waingapu dan Waikabubak. Yang susah di Sumba cuma sinyal doang kok. Timbul tenggelam.. apa lagi kalo udah ngebukit dikit.

Soal tempat tinggal. Nahh, kalo yang ini agak susah. Apa lagi yang buat long stay sampai tahunan. Kebeneran gw dan Uud bakalan cuma 1 - 3 bulan aja di Sumba, jadi kita gak cari rumah kontrakan / kosan model di Bali. Dan pilihan hotelpun gak banyak. Hotel-hotel di Sumba, rata-rata hotel lokal. Yang hotel-hotel berbintang baru pada matokin tanah. 

Tapi kalo ada yang mau tinggal di hotel, silahkan browsing sendiri yaaa. Tapi ya ituu.. perbandingannya, semurah-murahnya hotel di Bali pelayanan tetep oke. Kalo di Sumba, rate lebih mahal tapi pelayanan.. yaaaaa gituuu. Selama di Sumba, gw pernah nginep di 3 hotel.. dari ke 3 hotel yang pernah gw nginepin cuma satu yang sama.. yaitu experience kekeluargaannya. 

Misal ada yang mau long stay, maap gw gak bisa bantu banyak soal tempat tinggal. Tapi seharusnya ada kosan / homestay gitu sih.. soalnya di Sumba, terutama di Kota Waingapu banyak orang pendatangnya. 

Dan satu lagi info yang menurut gw penting. di Sumba gak serem kok. Serem sama yang gak kelihatan maksud gw. Alhamdulillah, selama di Sumba jalan malem, gelap-gelapan yang bener2-bener gelap gak ada lampu.. perasaan gw tetep tenang (gw termasuk yang sensitive soal ginian). Bahkan di Bali yang anteng-anteng aja pun kadang gw masih suka gimanaaaa gituuu. 

- - - - - - - -
Selama di Sumba kita tinggal di Amidala Villa, nemunya di Air BnB. Milih tinggal di sini, karena Uud gak mau gw sendirian kalo Uud tetiba harus pulang malem ato ada urusan ke luar kota. Kalo di villa, kebeneran yang punya villa tinggal di lantai atas, kita di bawah. Secara psikis sih jadi lebih secure aja karena tau gak sendirian. Dan karena yang punya bule. Jadi soal kenyamanan dan keamanan dijaga banget sama mereka. 

Udah gitu, karena bentukannya rumah.. jadi yaaa, feels like home. Gw bisa masak dan jalan / ngobrol bareng sama yang tinggal disitu. Berasa kayak keluarga. 


NAIK APA?

Saran gw mending kirim mobil / motor dari daerah asal. Masalahnya, kalo sewa mahal bro. Untuk motor, rata-rata 100rb - 150rb perhari. Untuk mobil, 700rb perhari.. kalo di Bali, 700rb dapetnya Innova.. kalo di Sumba dapetnya AVP. Selama gw jalan-jalan di Sumba sih emang mobil gak gitu bertebaran dimana-mana. Berasa banget sepinya di jalan. Bahkan gw gak pernah lihat bengkel resmi merk-merk mobil / motor di Sumba. Kendaraan umum di Sumba adanya cuma bis aja. dan itu tujuannya cuma buat ke kota-kota yang jauh aja.

Fyi, harga bahan bakar mobil sama kok kayak di Jakarta. Jadii, yang dulu suka ngomel-ngomel harga BBM naik.. mungkin lo gak ngerasain langsung dampak positifnya. Tapi secara gak langsung lo udah bantuin masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah yang mulai berkembang kayak Sumba atau daerah-daerah di Indonesia timur lainnya.

Kalau nyetir di Sumba, hati-hati yaaa. Bukan takut nabrak orang atau mobil lain, tapi takut nabrak hewan. Sapi, kuda, kambing, babi, kerbau di Sumba suka dibiarin lepas gitu aja sama pemiliknya. Kalau di Kota Waingapunya sih jarang ternak lepas. tapi kalo udah minggir dikit, mau ke Walakiri misalnya.. banyak sapi dkk bertebaran di jalanan.

Dan, kalo misal lo nabrak.. jangan kaget kalo nanti bakal diminta ganti rugi uang yang berkali-kali lipat harga perekor hewan yang di tabrak.


MAKAN APA?

Kalo ini sih soal gampang. Pecel? Mie ayam / bakso? Soto-sotoan? Nasi kuning? Seafood bakar-bakaran? Apa makanan bule? Atau cilok mungkin? Ada semua! Rata-rata yang punya restaurant atau warung makan di Sumba kokinya orang Jawa yang hijrah ke Sumba. Bahkan gw yang udah sebulan - 2 bulan tinggal di Sumba malahan baru sekali makan makanan khas Sumba.

Kalo mau masak sendiri, tinggal ke pasar aja. Pasar tradiisionalnya jauuuh lebih seru dibanding Bali. Lengkap. Bumbu dapur, sayur-mayur, daging, ikan, ayam.. ada semua. Cumaaa, gw masih jarang banget ngeliat orang jual udang.

Tapi permasalahannya adalah, muahaaalll! Di Bali, harga cabe rawit merah se-ons-nya cuma 2 ribuan. Kalo di Sumba harga cabe rawit merah segenggem 5ribu. Beneran segenggem ibu-ibuu. Gak cuma cabe aja, sayuran pun dijualnya perharga 5ribu. Tempe sepapan 5ribu, tahu 4 biji 5ribu, sayur-sayuran per 2 ikat 5ribu.. waktu kapan gitu, gw masak lagi kepingin masak pecel sayur (masak untuk 4 orang).. duit habis 70ribu aja buat beli beberapa macam sayuran mentah dan telur.

Ikan tongkol 50 ribu dapet 4 ekor sepanjang-panjang telapak tangan.. trus udah gitu ayam seekor 100 ribu. Setress gak lo jadi ibu rumah tangga denger pedagangnya kasih harga?! Dan, gak bisa di tawar pulak. Buah lebih yahud lagi.. jeruk mandarin, sekilo 50ribu. yang dimana sekilo cuma dapet 4 / 5 biji. Gak cuma jeruk mandarin yang sekilo 50ribu. Buah-buah lainnya juga serba 50 ribu. Trus misal mau jajan di convenience store lokal, habisin duit 40 ribu cuma dapet 4 item T.T


Biarpun hidup di Sumba lebih mahal dibanding Bali, tapi hidup di Sumba gw masukin ke kategori murah. Soalnya gak ada lagi yang lo beli. Jangankan mall.. toko buku aja gak ada! Trus gak bisa tuuh lagu-laguan pingin ngedessert atau nongkrong di coffee shop. Trus kao misal mau online shopping, JNE sih ada.. cumaaaaa kalo ngirim dari Jakarta 70 ribu aja sis. yang murahan 40an ribu, tapi sampenya seminggu.

Anteng deh udah hidup di Sumba. Gw yang dari Jakarta pindah ke Bali aja udah hepi banget karena gak ada setres-setresnya gw. Pas pindah ke Sumba, makin tenang hidup gw. Sumpah!

Jadi gimana? Berminatkah kalian tinggal di Sumba?


*
Sekedar informasi tambahan, Pulau Sumba termasuk pulau yang kering. Gak banyak sumber air disini. Pesen gw, kalau emang pada mau ke Sumba.. plis hemat-hemat air ya gaiis. Walaupun misal disediain bathtub, jangan sering-sering berendem. Kasian warga Sumba lainnya yang masih kesusahan air bersih.

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.