March 16, 2018

Bahasa Cinta

Kalo ngomongin cinta mah, gak ada habisnya. Tapi, emang cinta artinya apaan sih? Kalo ini sih artinya bisa macem-macem, tergantung masing-masing orang ngedepskripsiinnya gimana. Tapi buat gw, cinta itu tentang pengorbanan dan perjuangan. Saat seseorang dengan rela berkorban dan berjuang buat lo.. berarti dia cinta.

Buat yang belum nikah, kadang kalau pas galaunya kumat.. pasti suka pada nanya sendiri, "Ni orang cinta gak sih sama gw?" , "Dooh, maunya apa sih? Serba salah." dan lain-lain. Kalau yang udah nikah.. kalo menurut gw gak perlu lagi mempertanyakan cinta itu sendiri. Yang lebih penting adalah nge-maintain si rasa cinta, biar on fire terus sampe kakek-nenek. 

Hari ini tuh, gw gak nonton TV sama sekali. Again, parabola indovision di kosan jomplang gegara angin dan hujan di Kupang yang emang lagi deres-deresnya. Jadilah saban hari gw duduk anteng di depan laptop. Sampai akhirnya nemu link yang ngebahas Love Languages. Setelah gw baca, kayaknya oke nih kalo gw bikin tulisan di blog. 

Adalah Dr. Gary Chapman, pengarang buku 5 Love Languages.. dia bilang, ada 5 bahasa cinta yang kudu banget dipraktekin sama orang yang dicintai. Jadi sebenarnya manusia itu punya kebutuhan mencintai dan dicintai. Gak cuma sama pasangan, tapi juga berlaku ke orang tua, adik/kakak, sahabat, dan siapapun mereka yang lo sayang.


1. WORDS OF AFFIRMATION

Gw kasih tau nih yaaa, kata bijak "diam adalah emas" gak berlaku buat orang yang katanya cinta sama orang lain. Sebenernya hal yang simple, tapi efeknya bisa luar biasa buat orang yang denger. Sesimple "I love you" atau "Waw! Kamu hebaatt" bisa bikin semangat seharian.  

Soal ini tuh jadi point yang paling penting karena tiap manusia itu sebenarnya butuh pujian atau butuh kata-kata positif yang ada hubungannya sama orang tersebut. Kerjaan misalnya, pas lo kerjain presentasi yang bagus.. tiba-tiba boss lo dateng dan bilang "Good job" sambil ngasih jempol, apa gak makin semangat kerjanya? 

Contoh lainnya, di keluarga misal.. sekeluarga pergi kondangan. Saat nyokap lo keluar kamar, "Wuiiihh.. Mama cakep benerr." gw jamin, besoknya nyokap bakalan masakin makanan kesukaan lo. Atau ngomong "Gilaaaa.. lo bro banget!" ke temen lo, walaupun yang ada malah ditoyor sambil ngomong, "Dih, apaan sih lo. Jijay!" taruhan, sebenarnya mah di hatinya hepi.

Btw, ini tuh gak cuma berlaku buat orang lain. Berlaku juga buat diri sendiri. Pernah dengar kan istilah 'Love yourself first'? Musti banget cinta sama diri sendiri (bukan narsis ya.. kalo itu mah akut) sebelum lo cinta sama orang lain. Lo yang lagi galau misal, dari pada murung gak karuan, coba deh di kaca lo ngomong "I'm healing. I'm discovering myself. I'm starting over!" kan mending ngomong gitu dibanding bilang "Hatiku hancuuurrrr!". Nah kalo yang demennya drama-drama gini 'diam adalah emas' baru berlaku. Silence is better than unnecessary drama. 


2. QUALITY TIME

Menurut gw point no.2 ini hal yang susah dilakuin, khususnya buat mereka-mereka yang kerjanya gak 9 to 5. Jangankan ber-quality time sama orang yang disayang, bahkan ber-me time yang buat diri sendiri aja gak sempet. Tapi sebaiknya sih gak dibiasain. Coba dirubah pelan-pelan.

Mungkin bakalan ada yang ngebatin, "Aah.. lo tau apa sih? Kan lo gak kerja!" Weittss, gini-gini gw pernah jadi orang kantoran.. dan gak 9 to 5 pula. Ditambah lagi, dari kecil gw emang hidup dilingkungan yang  gak menganut paham 'pulang sebelum magrib'. Jadi gw tau banget pentingnya quality time.

Kalo yang di atas (words of affirmation), kesannya kan receh tuh. Tinggal belajar bilang cinta sama Dilan.. langsung klepek-klepek dah tu pasangan. Tapi ngeluangin waktu kok rasanya mahaaaallll banget. Gwpun minta quality time sama Uud suka lama banget diapprovenya. Kadang pake adegan ngambek dulu baru diiyain. Hihii..

Kebiasaan ngeluangin waktu buat orang yang kita sayang itu hukumnya wajib. Dan caranyapun beda-beda tiap pasangan ataupun keluarga. Fyi, dengan lo bercerita soal keseharian lo bareng pasangan atau keluarga itu juga termasuk quality time loh.

Kalo kata mbah google, kurang lebih 70% alasan remaja jadi bandel (berantem, narkotik dll) itu awalnya gara-gara mereka cari perhatian ke orangtuanya.  Kalau dari awal hubungan sudah mengerti pentingnya ngabisin waktu bersama, bakalan kecil kemungkinan timbul huru-hara di hubungan tersebut untuk kedepannya.

Cumaaa, disini juga diperluin rasa saling memahami. Misal pasangan sibuk luar biasa, dan ketika dia cuma punya waktu bareng lo 1-2 jam, lo ngomel. No no.. ini salah. Ngomelnya lo hanya memperkeruh suasana, lagian siapa sih yang mau kerja seharian?! Dan teruntuk pihak yang sibuknya niih, kalo udah nyempetin waktu bareng keluarga.. ya udah totalitas!!! Hp jangan dipegang-pegang lagi! keberadaan lo saat itu penting buat pasangan atau keluarga lo. Jangan sampe lo ada.. tapi tiada.


3. PHYSICAL TOUCH

Sering denger kan orang-orang suka ngomong, "Haus belaian banget sih lo!". Yup.. emang segitu addictive-nya. Yang gw maksud disini bukan soal S.E.X loh. Lebih ke daily physical touch kayak gandengan, cipika-cipiki, rangkulan, peluk, dll sesuai kebiasaan masing-masing.

**soal ini sebenernya ada banyak penggalan kata di otak gw, tapi gw kok bingung ya ngerangkainya**

Kita ambil contoh aja deh. Pas lahiran, udah sekitar 5 - 10 tahun ini hampir dokter di seluruh dunia menyarankan untuk menaruh bayi yang baru lahir langsung ke dada ibunya. Selain agar si bayi mencari sendiri puting susu Ibunya.. juga supaya si bayi merasakan skin - to - skin untuk yang pertama kalinya dengan si Ibu. Ngerasain tekstur kulit ibunya, kehangatan badan ibunya, denger suara jantung ibunya. 

Si bayi yang belum sampai 10 menit lahir aja udah langsung skin to skin.. jadi mah gak heran kalo segitu pentingnya physical touch di sebuah hubungan.

Intinya.. physical touch jangan disepelein. Apalagi kalo pasangan atau keluarga lo ada yang lagi down. Justru pelukan akan lebih dibutuhkan daripada ucapan "Cup cup cup.. udah sedihnya..". Percayalah.. hugs were invented to let people know you love them without saying anything.


4. ACTS OF SERVICE

Kalo bahasa Indonesianya, jangan di liatin doang.. bantuin!

Menurut gw hal ini diperluin bukan cuma di dalam sebuah hubungan lingkup kecil macam keluarga, tapi juga dalam bermasyarakat. Acts of service rasanya punya arti yang sama deh dengan kindness. Berbuat kebaikan. Menolong. Meringankan. Sesimple kita menaruh kembali keranjang belanja, itu udah meringankan kerjaan petugas swalayan. Atau kalau lihat nenek-nenek turun tangga, trus kita bantu biar gak jatuh.. ini juga berbuat kebaikan.

Gw percaya, dengan berbuat baik bisa ngerubah dunia. Bayangin aja, 1 buah perbuatan baik.. trus di lakuin sama miliaran orang.. kurang damai apa coba tuh dunia nantinya? Tadi gw baca, kindness is the language that the deaf can hear and the blind can see. Jadi bayangin, di skala besarnya (bermasyarakat) aja sangat diperlukan.. gimana di skala kecil (keluarga/pertemanan)?

Misal, kelar makan.. lo bilang sama nyokap, kalo lo yang bakalan nyuci piring. Apa gak bakalan sumringah tuh nyokap?! Lihat pasangan lo lagi ganti seprai, lo yang ganti sarung bantalnya. Atau, bokap pulang kantor.. siapin teh buat beliau. Biar di kata sepele, tapi ini dampaknya cukup besar loh.

Tunjukin ke orang yang lo sayang.. kalau lo itu care sama mereka. Bantuan sekecil apapun itu tetap punya value loh. Dan, lo gak perlu punya alasan untuk ngebantu orang lain. Apalagi orang yang lo bantu adalah orang terdekat lo.

Hari gini, kindness is not an act.. it's a lifestyle.



5. GIFTS

Kalau ini, gw juga baru nyadar kalau ngasih hadiah masuk ke top five - nya bahasa cinta ala Gary C. Sampe mikir sendiri, apa iya segitu pentingnya? Setelah gw baca-baca.. ternyata gw yang mikirnya kejauhan. Kan kalo kasih hadiah terus, lama-lama bokek juga.. tapi gw lupa, kalo hadiah itu gak mesti benda yang wow!

Lo pulang kantor, ngelewatin tenda pecel lele.. mampir deh beliin buat pasangan lo. Pasti hepi dia. Eeeh gak tau juga sih, kalo gw.. liat Uud pulang bawa bungkusan mata gw langsung berbinar. Hihihi.



*
Semalem sempet bahas soal bahasa cinta ini sama Uud. Katanya, "Professor kamu pecaya.. kenal sama dia juga enggak." Kalo dipikir-pikir sampai Gary C bikin 5 formula bahasa cinta pasti dia ngeriset dulu ke banyak orang. Trus dibikin deh top five-nya. Bener juga kata Uud..

Karena cinta itu sendiri punya arti yang beragam di setiap orang. Dan pasti bahasa cintanyapun juga beda-beda tergantung karakter masing-masing orang. Jadi jangan lo liat si A pasangannya ngelakuin sesuatu.. trus lo nuntut pasangan lo juga ngelakuin hal yang sama. Kalau rumput tetangga lebih hijau.. kita juga bisa kok ngehijauin rumput kita. Tapi eksekusinya beda, secara tanahnya juga beda.

Ngerti kan maksudnya?

Tapi pesen gw niih.. buat generasi yang bukan zaman now, yang kebanyakan gak terbiasa untuk ekspresif sama apa yang dirasain. Entah karena gak tau caranya.. atau malu.. atau gengsi?? Yang pertama perlu diketahui adalah, zaman udah berubah bro-sis :)) bukan hal yang taboo lagi buat ngeekpresiin diri.

Tapi apapun bahasa cinta versi lo.. jangan ditunda-tunda. Lakuin sekarang. Kalo kata nyokap gw, "Nasi kalo udah jadi bubur gak bakalan jadi nasi lagi." Kalau cinta jangan sendiri.. spread the love! Hihii..

Sekian, see you again ^^

No comments:

Post a Comment

hi.. please leave your comment here, i'll reply as soon as possible. so please check it back. thanks and have a nice day! ^^

< > Home
icavin.etc © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.